Kita tahu, salah satu pos pengeluaran yang menyita anggaran terbesar dari sebuah acara pernikahan adalah konsumsi alias catering. Pasangan dan keluarga calon pengantin tentu ingin menjamu tamu-tamu yang datang dengan sajian lezat menggugah selera. Idealnya, pilihan menu catering dapat memuaskan semua tamu. Mustahil? Tidak juga. Dengan sedikit kreatifitas dan usaha tambahan, pilihan sajian catering pernikahanmu bisa menjadi salah satu faktor tak terlupakan untuk para tamu.

Tahukah kamu, kini ternyata hanya 40% saja tamu pernikahan yang datang untuk menyantap menu buffet? Sisanya yang 60% lebih penasaran untuk mengeksplor stall-stall makanan, minuman, atau kudapan khas yang jarang bisa ditemui dalam menu harian mereka.

Yes, kini tren sudah bergeser. 10 tahun lalu orang masih berpikir bahwa stall-stall catering hanya sebagai pelengkap. Tamu undangan mengincar menu buffet sebagai sajian utama. Tapi kini stall-stall makanan, minuman, atau kudapan lebih digemari. Artinya, penyesuaian anggaran untuk kedua bagian sajian itu bisa kamu sesuaikan. Budget buffet bisa sedikit dipangkas untuk dialihkan ke varian stall, misalnya.

Stall catering biasanya menyediakan sajian dalam porsi yang tidak terlalu banyak. Hal ini memungkinkan para tamu untuk mencicipi lebih banyak varian hidangan. Untuk memastikan jumlahnya mencukupi untuk para tamu, kamu bisa meminta stall yang dilengkapi dengan petugas catering yang akan mengambilkan menu sesuai porsi. Atau bisa juga makanan dan minuman sudah disediakan langsung dalam piring atau gelas saji yang tinggal diambil oleh para tamu.

Selanjutnya, pemilihan menu menjadi kunci utama. Tentu saja, menu standar sesuai tema pernikahan tetap bisa kamu pilih. Misalnya menu-menu nusantara untuk pernikahan bertema tradisional, atau menu western untuk pernikahan modern. Tapi sebaiknya kamu juga mengeksplor menu unik yang bisa menjadi WOW factor dalam hidangan pernikahanmu.

Misalnya, kenapa tidak menghadirkan stall khusus menu vegetarian? Atau makanan tradisional yang sudah sangat jarang ditemui. Bahkan, saking effortnya, ada lho pesta pernikahan yang menyesuaikan menu sajiannya dengan daftar alergi yang dimiliki tamu-tamu, sesuai survey yang dilakukan sebelumnya. Atau menu sajian pernikahan yang menjadi perbincangan hanya karena menghadirkan nasi goreng berwarna hijau yang nikmat. Simple, tapi mengena.

Vendor-vendor catering di nikahyuu.com bisa menjadi pembuka ide dan wawasan tentang sajian seperti apa yang paling pas menemani pesta pernikahanmu nanti. Tren berubah, sajian menu pun semakin beraneka ragam. Mulailah berdiskusi dengan vendor catering pilihanmu. Jangan ragu untuk bereksperimen. Dan ingat, test food is a must. Selamat bersantap!